Nui and Trichotillomania (Indonesian)

Hello, world! It’s World Mental Health Day!

Untuk sedikit berpartisipasi, gue mau cerita-cerita sedikit soal sesuatu yang tadinya gue gatau kalo ini adalah masalah kesehatan mental. Yes. Gue ga pernah nyangka kalo kebiasaan buruk gue ini ada “namanya”. Gue ga pernah pergi ke psikolog atau psikiater sih. Jadi sebenernya gue juga bisa dibilang self diagnosed and actually, it’s bad to do this. Don’t follow me on this. Gue ngerasa ini ga terlalu mengganggu keseharian gue sekarang. Jadi, kalau kebiasaan buruk kalian udah mengganggu sampai pada tahap membahayakan diri sendiri dan orang sekitar, please, seek for help! That’s my disclaimer. Oh iya, mungkin tulisan gue ini BISA JADI trigger juga buat beberapa orang. So, stop reading if you find this disturbing.

What is Trichotillomania?

Definisi yang diambil dari web NHS :

Trichotillomania, also known as trich, is when someone can’t resist the urge to pull out their hair.

Kalian bisa baca-baca di sini juga lebih lengkapnya >> https://www.nhs.uk/conditions/trichotillomania/

Yeah, trichotillomania adalah kondisi dimana lo suka mencabut rambut dengan sengaja dan lo gabisa berhenti dengan sendirinya. Kaya ada rasa puas gitu. Aneh ya? Permasalahannya ada ketika lo sadar kalo rambut lo tiba-tiba hilang banyak banget sampe pitak. Kalo lo ga pernah ngerasain, lo boleh ketawa sampe sini. Karena masalah Trich sebenernya ada di low self esteem dan depresi.

Si A stress >> A berpikir keras soal masalahnya sampai dia ga sadar dia mikir sambil cabutin rambutnya >> sejam kemudian dia baru sadar ada bald patches >> bingung nutupinnya gimana >> malu ketemu orang >> minder >> depresi menyalahkan diri sendiri >> berpikir keras lagi >> trich lagi >> bald patches lagi >> and so on….

Lingkaran setan….

So, bagaimana awalnya gue mulai terjebak di sini?

Dulu waktu masih SD, gue suka nginep di rumah nenek gue dan suka diminta cabutin uban nenek. Katanya gatel banget dan kalo udah dicabut tuh enak. Gue nurut aja dah soalnya gue gaada kerjaan juga. Ya, jadi yang berpikir Nui itu hobinya belajar, nope, gue hobi nyabutin uban.

Then, waktu itu setiap kali rambut gue gatel, gue berpikir, “apakah gue punya uban kaya nenek?” Karena penasaran dan tangan gue terlatih mengenali rambut uban, dengan sotoynya gue cabut rambut gue sendiri. Lalu gue berpikir, “kok item ya? Eh, tapi kok gatelnya berkurang?” Begitu terus sampe waktu berlalu dan gue ngelakuinnya sambil mikir hal-hal lain. Anak bocah namanya juga. Santai aja kagak sadar kalo rambut di ubun-ubunnya udah ilang. Pas diraba, kok ada kulit kepala ya?

Saat itu belum ada kamera hape. Jadi, setelah beberapa kali ga sadar nyabutin rambut tapi akhirnya sadar ada yang aneh, gue mengambil kaca kecil. Dan… syok! Gue yang dasarnya pemalu jadi tambah malu. Mampus gua. Kalo dikata-katain di sekolah gimana? Kalo ayah ibu tau gimana? Kalo ini… kalo itu….

Sambil mikir begitu, gue malah semakin-makin cabutin rambutnya. Gue gatau harus ngapain. Gue gatau orang lain sadar apa ngga. Sampe akhirnya keluarga gue sadar dan langsung ngelarang “JANGAN DICABUTIN LAGI”. Karena gue anaknya pendiam dan temen gue kebanyakan kayanya sungkan sama gue, gue ga pernah dibully soal ini. Palingan kalo ada yang nanya, gue bilangnya “dijenggut ade”. Huft, untung anak SD ga ngerti apa-apa.

Kebiasaan ini berlanjut sampe gue SMP. Gue dimarahin kalo banyak rambut bertebaran di kasur. Tapi gue bener-bener gabisa berhenti. Udah jadi kebiasaan. Gue cuma bisa nutupin pake jepitan. Pernah lokasi bald patches-nya itu mulai tumbuh rambut lagi. Otomatis kan kaya pendek terus jigrak gitu. Temen gue ada yang nanya, “kok gitu rambutnya?” Gue menjawab, “Oh ini kemaren lagi pake gunting, terus rambut gue gatel, pas coba garuk, guntingnya ga dilepas, jadi kegunting deh.” WHAT A LAME ANSWER. Stupid. Untungnya anak SMP juga ga ngerti apa-apa.

Tapi gatau si.. Mungkin mereka ngomongin gue di belakang.. Mungkin mereka Cuma pura-pura baik.. Mungkin….. *stress *cabutin rambut lagi *ngga deng boong

Masuk SMA, gue mulai pake hijab. Wah jadi ketutupan dong. Tenang dong hidup gue (?) But, nope. Gue semakin gila karena di masa-masa ini, gue lagi mencari jati diri. Sering banget mikir buat botakin aja semuanya. Toh, ga keliatan juga kan di balik hijab. Tapiii kalo dibotakin pas numbuh pelan-pelan pasti kan rambutnya jigrak terus nembus2 kain hijabnya…. Kagak boleh juga pasti sama bokap gue. Dipotong lebih pendek dari bahu aja ga boleh, cuy.

Gue sempet kena gap year karena gue gabisa kuliah langsung setelah gue lulus. Gue pikir, yah gapapalah. Toh gue emang lebih muda setahun pas masuk SD dulu. Jadi, gue menghabiskan umur 17 tahun gue ngegabut. Did it make my Trich worse? OF COURSE, MAN. Dengan waktu luang yang sangat banyak dan pikiran-pikiran jahat yang makin merajalela, it’s getting worse. I even don’t wanna talk about it.

Tahun 2010, gue akhirnya kuliah di IPB. Dengan wajib ngikutin sistem asrama di tahun pertama, gue jadi tinggal bareng orang-orang yang baru gue kenal. Waktu itu gue ditempatin di asrama A3 kamar 397 dengan 3 orang lainnya. Di kamar itu, ada 2 bunk bed dan gue tidur di bagian atas. Sebenernya dengan gue tidur di bagian atas, aktifitas gue selama di kamar jadi susah keliatan si. Gue masih bisa leluasa cabutin rambut. Tapi, entah kenapa di tahun pertama ini gue agak sibuk dengan kuliah dan tugas-tugasnya. Belum lagi gue harus beramah tamah dengan teman-teman sekamar. Mungkin ini bikin Trich gue agak calm down.

Tahun kedua kuliah dan seterusnya, gue pindah ke rumah kenalan orang tua gue. Jadi, gue punya kamar sendiri lagi. Trich gue balik lagi. Apalagi gue sering nonton film sambil mikirin tugas. Habit buruk gue juga tuh. Kalo ada tugas, gue bakalan mikir dulu mau diapain. Baru deh diketik/dikerjain. Jadi, tangan gue yang nganggur ini bingung harus apa. I should know about stress ball/squishy back then….

What about now?

Sekarang gue sedang menjalani fase hidup sebagai Ibu Rumah Tangga full time. Waktu luang gue banyak lagi. Tapi, sekarang Trich gue berkurang banget banget. So, I want to share my tips for all of the struggle.

My tips for Trich

Keep your hair clean

Sering-sering keramas dan pastiin shampoo yang lo pake cocok. Sumpah kalo lagi nyobain shampoo baru, sering banget ketombean, gatel dan bikin tekstur rambut jadi super jelek. Really, stick with your fav shampoo. Gue termasuk orang yang males keramas karena takut masuk angin. -_- Makin menjadilah Trich gue pas rambut lagi super lepek dan ketombean. Oh iya, akhir-akhir ini lagi hype Aloe Vera Gel. Itu ngaruh banget banget buat ngurangin gatel di kulit kepala. Pas lagi gabisa berhenti cabutin rambut, coba olesin aloe vera gel-nya ke kulit kepala yang rasanya ga enak itu. Semoga bisa meredakan urgensi untuk mencabut lebih banyak.

Cut your hair regularly

Trip to salon is a nightmare for people with Trich. Bayangin orang nyentuh kepala lo aja serem, apalagi dia ngotak ngatik kepala lo yang penuh dosa itu… But, we have to face it! Gue dulu kalo potong rambut ya sama ibu aja. Tapi karena ibu bisanya potong rambut yang biasa, gue merasa tidak cantik. Akhirnya gue memberanikan diri untuk pergi ke salon kecil deket rumah. Mba yang punya salon ini temennya tante gue juga. Makin insecure ga looo. Bener aja, pas mulai motong, dia nanya “suka dicabutin ya rambutnya?” Sumpah demi apapun pengen nangis rasanya. Gue cuman bisa nyengir, “hehe, iya, mba.” Untung dia ga komentar apa-apa lagi. Gue mulai berani ke salon deh abis itu. Gue udah ga peduli reaksi orang salonnya gimana. Tutup kuping, tutup mata. Soalnya, kalo abis potong rambut tuh, kepala rasanya ringan dan lebih tebel aja gitu. Rambut-rambut yang sebelumnya panjang pendeknya ga sama, bisa di-styling dan terkamuflase. It really makes you feel better!

Live and sleep with other people

Gatau sih ya. Sekamar sama orang lain tuh bikin kita sungkan kalo mau cabut-cabut rambut. Awkward aja gitu rasanya. Kalo di luar rumah kaya sekolah/kampus/tempat umum kan jarang ke-trigger tuh buat Trich. Trigger yang paling besar itu pas kita sendirian di kamar sih. Iya, kan? Pas kerja, gue tinggal di mes bareng temen-temen gue. Sekamar 2-4 orang. Pas masa-masa ini banyak berkurang banget sih Trich-nya. Gue sounding juga ke mereka kalo gue punya masalah ini. Bodo deh mereka ketawa. Demi masa depan yang lebih baik.

Occupy yourself with activities

Hobi baru gue sekarang adalah crochet alias merajut/merenda. Lumayan bikin tangan sibuk pas otak lagi sibuk juga. Mungkin ada beberapa orang yang menyibukkan dirinya dengan kegiatan-kegiatan di luar rumah. Jadi pas sampe kamar, capek, terus langsung tidur. Kaya pas gue kuliah. Terus juga ada yang pakai stress ball, squishy, fidget spinner, hypnosis session, etc. Feel free to explore your own self. Cuman lo yang tau diri lo sendiri. It’s a journey to find your better self.

Heal your headache first

Terkadang, kepala kita yang pusing, sakit dan kebas bikin kita ke-trigger buat Trich. Gue sering banget minum obat sakit kepala biar tangan gue gausah sok-sok nyembuhin kepala yang sakitnya di dalam ini. Tapi akhir-akhir ini gue mencoba trik yang gue dapetin dari youtube. Kalo dari komen-komennya ada yang berhasil tapi ada juga yang ngga. Kalo gue sih berhasil alhamdulillah. Sok aja dicoba siapa tau membantu mengurangi sensasi kebas dan migrain di kepala.

credit to Kamil’s View on YouTube

Think positive

Semakin dewasa gue semakin sadar kalau overthinking itu salah satu penyebab gue Trich. Jadi, sebisa mungkin gue berusaha untuk menjalani hidup dengan pikiran-pikiran positif. It’s okay to be lazy. It’s okay to have things cluttered and messy. It’s okay to be me. Walaupun pasti ada bad day, tapi percayalah hard times do passed. *breath deeply and slowly*

That’s my little tips for Trich. Hope it helps! If your condition is worsening, just seek for legit help, okay?

A little more about Dermatillomania

My trich is getting better and it’s not so easy to come back to Trich again BUT I still struggle with this other condition.

Apa itu Dermatillomania?

Definisi yang diambil dari web NHS :

Dermatillomania, excoriation disorder, or skin picking disorder is where you cannot stop picking at your skin.

Kalian bisa baca-baca di sini juga lebih lengkapnya >> https://www.nhs.uk/conditions/skin-picking-disorder/

Mirip-mirip sama Trich, kondisi ini terjadi saat kita ga sadar sudah menggaruk, melukai dan mencakar diri kita sendiri. Biasanya kita baru sadar tiba-tiba ada luka di wajah, punggung atau bagian kulit kita yang lain.

Buat yang kenal sama gue pasti sering banget liat gue punya luka kecil atau besar di muka. Pernah malah gede banget sampe dikira kena cipratan minyak panas. Separah itu. Biasanya gue menggaruk mindlessly pas tangan gue lagi ga aktif dan otak gue lagi wandering entah kemana. Tangan gue akan menelusuri kulit wajah gue dan kalo menemukan yang “ga beres” kaya komedo atau milia atau jerawat, tangan gue auto memencet atau menggaruk bagian yang “ga beres” itu. Aneh banget kan gue?

Gue merasa kalo komedo/milia/jerawat itu bikin gue ga cantik. Padahal kalo udah digaruk kan jadi berbekas dan malah tambah tidak cantik…. I still don’t understand how my brain works…. Dibanding Trich, dermatillomania ini lebih gampang terjadi karena garuk-menggaruk kan bisa terjadi sangat cepat dan super gabisa dikontrol. Jadi, gue meminimalisirnya dengan sering-sering memotong kuku dan merawat wajah dengan skincare. I still work on this one.

Fuih, it really took my time and a lot of effort to finish this post. You can judge me and define me as a weirdo. Feel free. But I’m sure that you have your own struggle, don’t you? That’s what makes us human. Let’s face it and love ourselves more! XOXO

Bonus :

This is a Ted Talk from a girl with Trichotillomania, Elizabeth Masterman :

Trichotillomania and Beauty Norms | Elizabeth Masterman | TEDxSouthPasadenaHigh

credit to Ted Tallks on YouTube

Leave a comment